Senin, 16 April 2012

‘Partikel’ Sebuah Karya Dewi Dee Lestari


Satu lagi persembahan dari penulis novel laris Dee yang memiliki nama asli Dewi Lestari. Ia kembali meluncurkan serial Supernova berikutnya, Partikel. Novel ini merupakan kelanjutan dari serial Supernova sebelumnya, yakni Kesatria, Putri dan Bintang Jatuh, Akar, dan Petir.
Sebagaimana tema serial Supernova yang selalu sarat dengan perenungan spiritualitas, Partikel juga mengulas hubungan antara manusia dan lingkungan dalam konteks spiritual dibungkus dalam kisah fiksi yang memikat.
Partikel akan membawa pembaca ke dalam petualangan tokoh utamanya Zarah. Di pinggir Kota Bogor, dekat sebuah kampung bernama Batu Luhur, Ia dan adiknya, Hara, dibesarkan secara tidak konvensional oleh ayahnya, dosen sekaligus ahli mikologi bernama Firas. Cara Firas mendidik anak-anaknya mengundang pertentangan dari keluarganya sendiri.
Di balik itu semua, masih tersimpan berlapis misteri, di antaranya hubungan khusus Firas dan sebuah tempat angker yang ditakuti warga kampung. Tragedi demi tragedi yang menimpa keluarganya akhirnya membawa Zarah ke sebuah pelarian sekaligus pencarian panjang.
Di konservasi orang utanTanjung Puting, Zarah menemukan keluarga baru dan kedekatannya kembali dengan alam. Namun, bakat fotografinya membawa Zarah lebih jauh dari yang ia duga. Di London, tempat Zarah akhirnya bermarkas, ia menemukan segalanya. Cinta, persahabatan, pengkhianatan. Termasuk petunjuk penting yang membawa titik terang bagi pencariannya.
Sementara itu, di Kota Bandung, Elektra dan Bodhi akhirnya bertemu. Secara bersamaan, keduanya mulai mengingat siapa diri mereka sesungguhnya.
Dari karya-karyanya, Dee memiliki ciri khas sekaligus keahlian untuk meramu berbagai topik kontemporer dengan refleksi makna hidup yang dalam.
Partikel, episode keempat serial novel Supernova ini akan diterbitkan serempak di toko-toko buku se-Jawa dan Bali pada Jumat 13 April 2012, tepat pada pukul 04.44 sore. Angka-angka ini tentunya tidak dipilih sembarangan, karena ini Supernova 4, maka Dee merayakannya dengan mengambil angka serba empat. Buku karya Dee kali ini dibanderoli Rp.79.000. (SJ/Gurnita)

2 komentar: